Pages

Sabtu, 11 Juni 2011

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pengertian 
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan petunjukhidup dan di dunia.
Pandangan hidup artinya pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Pandangan hidup dapat diklasifikasikan kedalam 3 macam, yaitu:
1) Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2) Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3) Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

Sumber pandangan hidup
1) Agama (islam memiliki nilai kebenarannya mutlak).
2) Nilai-nilai budaya suatu bangsa.
3) Pancasila
4) Hasil renungan seseorang hingga menjadi ajaran etika untuk hidup

Ideologi.
Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi. Maka pandangan itu disebut ideologi. Jika orgabisasi itu organisasi politik, maka ideologinya disebut ideologi politik. Begitupun jika ideologinya Negara disebut ideology Negara.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur cita-cita, kebajikan, usaha, dan keyakinan atau kepercayaan.


Pandangan Hidup yang Baik

Manusia pasti mempunyai pandangan hidup bagaimana pun bentuknya. Namun memperlakukan pandangan hidup itu tergantung dari orang bersangkutan. Dan yang terpenting kita harus mempunyai konsep/langkah-langkah untuk memperlakukan pandangan hidup, diantaranya:
Konsep 5 M
Mengetahui. Tahap awal sebagai suatu kodrat bagi manusia dari setiap aktivitas hidupnya. Misalnya saja kita sebagai makhluk beragama, pasti mempunyai pandangan hidup dalam beragama, khususnya Islam, mempunyai pandangan hidup Al-Qur’an, Hadist, dan Ijma’ ulama yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Mengerti. Disini manusia atau kita mengerti terhadap pandangan hidup dalam agama khususnya Islam. Karena dengan mengerti, ada kecenderungan apa yang terdapat dalam pandangan hidup itu sendiri.
Menghayati. Dengan menghayati pandangan hidup, kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup.
Memahami. Berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup itu. Segala tingkah lakunya pun selalu dipengaruhi oleh pandangan hidup yang diyakininya.
Mengamalkan. Sesuatu yang telah dibenarkan dan diterimanya sebagai perwujudan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD). Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.