Pages

Sabtu, 11 Juni 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Pengertian
Derita adalah menanggung/ merasakan sesuatu yang tidak menyenagkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intentitas penderitaan bertingkat-tingkat ada yang berat dan ada pula yang ringan. Sesuatu yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu menjadi derita untuk orang lain. Bahkan bisa juga penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang/ langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
Penderitaan dapat dibagi dua, yaitu: penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia, hal ini terjadi akibat adanya interaksi antara manusia dengan manusia atau manusia dengan lingkungan. Kedua, penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab Tuhan. Terkadang manusia selalu ingat pada Tuhan-Nya apabila sedang menderita dan lupa apabila sedang bahagia.

Pengaruh penderitaan
Orang yang mengalami penderitaan akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang muncul dapat berupa sikap negatif misalnya kecewa atau penyesalan karena tidak bahagia, putus asa, bahkan bunuh diri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD). Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.