Pages

Sabtu, 11 Juni 2011

MANUSIA DAN PERADABAN

Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu dari suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya terwujud unsure-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, dan luhur. Maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan peradaban yang tinggi. Peradaban memiliki kaitan erat dengan kebudayaan. Kebudayaan pada hakikatnya adalah hasil cipta (akal) bahwa manusia menghasilkan ilmu pengetahuan, rasa (kemampuan rasa manusia melalui alat-alat inderanya menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian), dan rasa manusia (menghendaki kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiann sehingga menghasilkan berbagai aktivitas hidup manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hasil /produk kebedayaan manusia inilah yang menghasilkan peradaban.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, tingkat kependidikan salah satu cirri yang penting dalam definisi peradaban adalah berbudaya(cultured), orang yang cultured adalah orang yang mampu menghayati dan memahami hasil kebudayaan adiluhung yang hanya bia didapatkan dengan pendidikan yang tarafnya tinggi.
Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugerahi harkat, martabat dan potensi kemampuan yang tinggi. Dalam perkembangannya bisa jatuh dalam prilaku kebiadaban Karena tidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa dan karsa yang dimilikinya dan manusia tersebut telah melanggar hakikat kemanusiaanya.
Wujud peradaban moral:
a. Nilai-nilai dalam masyarakat hubungannya dengan kesusilaan.
b. Norma: aturan, ukuran atau pedoman yang digunakan dalam menentukan sesuatu benar/ salah,baik/buruk.
c. Etika: nilai-nilai dan norma moral tentang apa yang baik dan buruk menjadi pegangan dalam mengatur btingkah laku manusia.
d. Estetika: berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam keindahan, kesatuan, keselarasan dan kebaikan.
Perkembangan kebudayaan yang telah mendapat tingkat tertentu yang dieroleh manusia pendukungnya taraf kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu tercermin pada pendukungnya yang dikatakan sebagai beradab atau mencapai peradaban yang tinggi. Jadi, evolusi kebudayaan bisa mencapai sampai pada taraf tinggi yaitu peradaban.
Peradaban lahir sebagai respon manusia yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukan dan mengolah alam sebagai tantangan guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD). Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes, Gifts for GirlFriend And Skull Belt Buckles.